Jumat, 15 Mei 2020

Tradisi Ter-ater atau Malemman


Sumber : Dokumentasi Pribadi

        Budaya atau tradisi biasanya sangat kental dikalangan masyarakat pedesaan. Ada yang tau tidak tradisi ter ater atau malemman? Pastinya kalau anak desa pastinya tau nih, baik daerah jawa atau madura. Kalau daerah madura namanya ter ater atau malemman dan di jawa biasanya namanya malemman. Di Madura tradisi ini ada pada saat bulan Ramadhan lebih tepatnya pada malam sepuluh  akhir bulan Ramadhan pada tanggal-tanggal ganjil. Masyarakat biasanya saling mengantarkan makanan sesama tetangga satu dengan yang lain. Boleh dibilang kalau rumah saya buat sate maka saya antarkan sate dan begitu pula sebaliknya. Jadi, kita bisa merasakan masakan tetangga yang bervariasi.

Sumber : Keraton Solo

            Tradisi ini sudah ada sejak nenek moyang terdahulu, kalau ditelusuri makna dari ter ater merupakan makna dari penerapan ajaran islam yaitu sodaqoh. Pada malam ganjil sepuluh akhir bulan Ramadhan merupakan malam yang dianjurkan untuk bersedekah karena menyambut malam lailatul qadar. Masyarakat madura biasanya kurang lengkap kalau tidak ada budaya ter ater. Tradisi ter ater memberikana dampak bagi masyarakat dari segi ekonomi dan sosial. Terjalinnya silaturahmi antar tetangga dan mempererat tali persaudaraan.

Sumber : Dokumen Pribadi

            Jika dilihat dari aspek ekonomi, tradisi ter ater membatu masyarakat yang kurang mampu. Masyarakat kalangan menengah kebawah bisa merasakan masakan enak dari sodaqohnya tetangga yang lebih kaya. Sehingga satu sama lain bisa mencicipi masing-masing masakan tetangga baik dan merasakan miningkatkan rasa solidaritas. Tetapi, tradisi ter ater atau malemman sudah mulai pudar. Mulai pudarnya tradisi ini karena rasa sosial masyarakat kalangan millenial kurang dibandingkan kalangan sesepuh dulu yang memegang tradisi dan budaya dengan tekun. Oleh karena itu, kita sebagai kaum muda harus menjaga dan melestarikan tradisi dan budaya ini untuk meningkatkat rasa persaudaraan, menjalin silaturahmi sesame saudara dan tetangga dan bisa membatu kaum menengah kebawah. Semoga bermanfaat!! Amin..


0 komentar:

Posting Komentar