Jumat, 29 Mei 2020

Puasa 6 hari bulan syawal

    


    Alhamdulliah kita sudah selesai menjalankan ibadah puasa Ramadhan sebulan lamanya. Ujian hawa nafsu sudah kita lalui dan kita bisa meraih kemenangan di hari raya idul fitri. Dihari yang fitri kita dianjurkan untuk saling maaf memaafkan karena dosa sesama anak adam karena allah tidak bisa memaafkan kecuali minta maaf kepada anak adam. Setelah bulan Ramadhan kita bertemu dengan bulan syawal dimana dalam bulan ini dianjurkan puasa enam hari setelah hari raya idul fitri satu syawal.

            Sabda Rasulullah SAW tentang puasa enam hari bulan syawal mulai dari tanggal 2-7 lebih kurangnya sebagai berikut :  

“Barang siapa yang berpuasa dibulan Ramadhan kemudian ditambah puasa enam hari di bulan syawal maka ganjarannya seakan puasa satu tahun”


            Sebagian ulama berpendapat bahwa orang yang berpuasa bulan Ramadhan dan puasa enam hari setelahnya akan mendapat pahala puasa setahun. Dimana satu hari puasa di bulan Ramadhan sama dengan sepuluh hari puasa di hari biasa selain bulan Ramadhan. Jika kita full puasa 30 hari di bulan puasa maka kita diibaratkan puasa 300 hari. Kemudian ditambah enam hari puasa bulan syawal yang dianggap pahalanya sama dengan bulan Ramadhan yaitu satu hari puasa syawal dianggap 10 hari puasa di hari biasa. Maka disimpulkan bahwa Ketika kita puasa bulan Ramadhan ditambah puasa enam hari bulan syawal diibartkan puasa 360 hari.

            Untuk saudara atau saudari kita yang belum sempat puasa syawal enam hari berurutan jangan kecewa karena ada pendapat ulama yang mengatakan boleh puasa syawal dengan cara dicicil. Maksudnya dicicil adalah tidak harus berurutan enam hari full akan tetapi bisa satu minggu dua kali kemudian minggu depannya tiga kali dan seterusnya. Jadi, jangan khawatir bagi kaum muslimin dan muslimat untuk menjalankan ibadah puasa syawal yang tidak berurutan karena boleh dilakukan tidak teratur. Semoga sedikit pengetahuan ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Amin…


0 komentar:

Posting Komentar