Rabu, 27 Mei 2020

Efektifkah Pembelajaran Melalui Media online


Oleh Yustin Nur Faizah

    2 bulan kita dilumpuhkan oleh pandemic covid 19 atau kita lebih mengenal dengan virus corona dari kota wuhan China. Virus ini melumpuhkan dari segi perekonomian, kegiatan pekantoran Pendidikan bahkan kegiatan agama. Sehingga kita lebih sering mendengar selogan “ Bekerja Dari Rumah” “Belajar Dari Rumah” dan “Beribadah Dari Rumah” dan dengan hastag  “#DIRUMAHAJA”


    Disini saya mencoba mengkritisi kegiatan pembelajaran  dengan konsep dirumah aja. Menurut saya pribadi dari segi sisi mahasiswa ada sisi Positif dan Negatif. Sisi Positif mahasiswa merasa terjamin kesahatan karena tidak terjadi kontak fisik (Physical Distancing) sehiggga kita tidak tertular akibat virus tersebut, kita bisa mengikuti perkuliahan dari universitas lain seperti Havard University secara gratis dengan mengakses link https://online-learning.harvard.edu/catalog/free.     


    Namun ada sisi Negative juga yang kita jumpai sebagai seorang mahasiswa yaitu saat melakukan pembelajaran melalui vide conference kita terhambat dengan terkendala sinyal dan paket data. Bagi mahasiswa yang tinggal di daerah perkotaan mungkin tidak ada masalah namun jika mahasiswa lain yang tinggal di daerah pedesaan susah sekali mendapatkan sinyal namun tak hanyal bermasalah dengan sinyal tetapi masalah lain yang timbul adalah sering habisnya paket data akibat kegiatan perkuliahan karena aplikasi yang digunakan terlalu banyak untuk memakan kuota internet. Disisi lain kegiatan perkuliahan juga dirasa kurang efektif karena ketersediaan waktu bagi mahasiswa yang masih bingung terkait materi yang disampaikan ditambah tugas yang sering diberikan oleh satu dosen dan dosen yang lain secara bersamaan dengan tempo pengumpulan yang terlalu mepet. Bagi mahasiswa Teknik juga merasa kesusahan karena mereka harus melakukan praktikum sendiri di rumah dengan ketersediaan alat yang dimiliki sehingga menyulitkan bagi para mahasiswa.


    Disisi lain saya ingin mengkritisi dari segi pendidik di salah satu sekolah bagi anak yang berkebutuhan khusus. Pembelajaran ini dirasa sangat memberatkan apalagi bagi anak yang berkenutuhan khusus butuh kompromi dan pemahaman secara luas agar materi yang disampaikan dapat tersampaikan dengan baik kepada mereka jadi hak mereka untuk mendapat ilmu seperti anak-anak lain juga mereka dapatkan. Jujur pembelajaran secara normal pun masih sulit bagi mereka untuk menerima apalagi pembelajaran secara online seperti ini. Ditambah lagi permasalahan terkait keterjangkauan lokasi yang belum mendapat akses internet itu sangat menyulitkan bagi seorang tenaga pendidik untuk menyampaikan materi kepada anak-anak kami tercinta. 

    Harapan Saya semoga pandemic ini segera berakhir agar kita bisa hidup normal seperti dulu, saling bertegur sapa satu sama lain, saling melakukan hal-hal yang bermanfaat seperti hunting dengan teman-teman lain. Saya pribadi juga merindukan beberapa teman-teman saya bahkan anak-anak ku disana. Semoga kita juga bisa mengambil hikmah dari pandemic ini aamin.

0 komentar:

Posting Komentar