Selasa, 18 Agustus 2020

Panggilan ke Tanah Suci (Haji dan Umroh)


Islam adalah agama rahmatan lilalamin. Ada lima rukun islam salah satunya adalah ibadah haji. Semua umat muslim diwajibkan untuk melaksanakan dan menyempurnakan rukun islam yang nomor lima. Panggilan atau seruan ke tanah suci hanya bagi yang kuasa baik secara materi atau non materi. Sebagimana firman Allah Swt dalam al qur’an surat ayat Ali Imran ayat 97 yang berbunyi sebagai berikut:

“Mengerjakan haji adalah kewajiban manusia terhadap Allah, yaitu (bagi) orang yang sanggup mengadakan perjalanan ke Baitullah; Barangsiapa mengingkari (kewajiban haji), maka sesungguhnya Allah Maha Kaya (tidak memerlukan sesuatu) dari semesta alam”.

Rasa rindu akan panggilan ilahirobbi ke tanah suci sangat ditunggu-tunggu setiap tahunnya. Tetapi tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Wabah corona membuat pemerintah Indonesia tidak bisa memberangkatkan jamaah haji ke tanah suci (https://www.bbc.com/indonesia/indonesia-52887272, https://www.cnnindonesia.com/nasional/20200611192213-20-512408/kemenag-mundurkan-setahun-semua-jadwal-antrean-jemaah-haji. Rasa kecewa dan sedihpun dirasakan seluruh umat muslim di seluruh penjuru dunia saat ini. Doa-doapun selalu dipanjatkan agar tahun depan bisa berangkat ke tanah suci dengan tanpa halangan satu apapun. Ada sebuah doa yang bisa kita amalkan setiap habis solat agar kita bisa cepat dipanggil oleh Allah ke tanah suci meskipun kita miskin. Adapun doanya sebagai berikut:

Allahummarzuqna ziarota baitikal mu’adzdzom warosulikal mukarrom fi hadzal’am wafi kulli ‘am biahsanilhaq..Aamiin Yaa Rabbal ‘Alamin.

“Ya Allah beri aku rizki untuk dapat berkunjung ke rumah-Mu yang agung, dan rasul-Mu yang mulia di tahun ini, dan di setiap tahun, dengan sebaik-baik kondisi.”

Menurut para alim ulama kalau kita istiqomah membaca doa ini, insyaallah kita dimudahkan untuk berangkat ke tanah suci. Selain berdoa, kita harus mengumpulkan dana atau ongkos ke tanah suci. Ketika berangkat haji atau umroh jangan lupa tanggung jawab di belakang seperti kehidupan sehari-hari anak atau keluarga selama haji atau umroh harus dipenuhi. Semoga kita dan keluarga bisa berangkat haji atau umroh sebelum kita wafat. Amin..

 

 

0 komentar:

Posting Komentar